Réalitas

Tiga hari yang lalu saya pulang dari kampus dengan menumpangi kereta pada sore hari.

Naik kereta bukanlah hal yang baru bagi saya, bahkan saya sudah pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan, yaitu kecopetan. Namun, yang ingin saya bicarakan di sini bukanlah hal tersebut. Kereta yang saya tumpangi pada hari Rabu silam kebetulan adalah kereta ekonomi yang sudah terkenal dengan ketidaknyamanannya. Wajar saja, toh harga tiketnya irrationally sangat murah, hanya Rp1.500,00. Harga berbicara, bung!

Hanya di kereta ekonomi pula Anda dapat menemukan berbagai macam penjaja, mulai dari hal yang biasa saja, seperti minuman, sampai hal yang dalam tanda kutip tidak biasa, contohnya adalah gunting bahkan pisau atau racun tikus. Benar-benar aneh, bukan? Pengamen pun tidak luput kehadirannya. Saya relatif telah terbiasa dengan keadaan tersebut, tetapi kemarin saya seperti mengalami pengalaman spiritual (dalam bahasa hiperbola).

Sore itu satu demi satu pedagang asongan tersebut melewati koridor gerbong kereta menjajakan dagangannya. Pengamen dengan kondisi yang berbeda-beda, anak kecil-tua renta, tunanetra-physically disabled, melantunkan berbagai macam lagu dengan cara mereka masing-masing. Saya tergeming hingga dua pengamen cilik dengan gitar mininya menyanyikan lagu yang di tengah-tengah liriknya menyebutkan:

“Satu hari makan, tiga hari kelaparan…”

Sontak hati saya terenyuh. Kata-kata yang cenderung simpel, tetapi penuh makna tersebut memecahkan kekosongan pikiran saya pada saat itu. Sederhananya, kedua bocah itu melalui lagu yang mereka bawakan secara implisit ingin menyampaikan bahwa kehidupan di Jakarta adalah keras, not to mention sulit, jika Anda betul-betul tidak memiliki “bekal” apa pun yang dipersiapkan jauh-jauh hari untuk menghadapi situasi metropolis yang memang sudah begitu adanya.

Life is short, go for it nevertheless! |ˌkärpā ˈdēˌem| 😉

Aldhin xx

One Comment on “Réalitas”

  1. tyapratiwi says:

    gue jg pernah ngerasain itu din pas lg bengong2 gtu di angkot.


Leave a Reply

